Wajib Tahu! 6 Hal Penting Sebelum Lanjut S2

Pendidikan adalah hal yang penting dalam menciptakan manusia yang sejati. Dalam konteks sejati adalah manusia yang bermanfaat bagi makhluk di sekitarnya.

Mulai dari TK, SD, SMP, SMA, S1, S2, S3, Dst. Kita di berikan ilmu pelajaran yang akan mendampingi kita mengarungi hidup di dunia ini.

Dalam persoalan kali ini, ada banyak sekali kita menemukan hal yang mengganjal di hati, yakni kerja atau lanjut kuliah. Jika kerja modal ijazah S1 apakah lancar, atau lanjut S2.

6 Hal Penting Sebelum Lanjut S2

Bagi kalian yang bingung tentang apa yang harus dipersiapkan untuk kuliah S2 atau pertimbangan untuk lanjut S2 ataupun hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum kita memutuskan untuk lanjut kuliah S2 maka ada baiknya kalian simak ulasan berikut ini:

1. Tanya Hati.

Setelah lulus dari pendidikan strata 1, tentunya merupakan suatu hal yang membanggakan, bukan?

Ya, pastinya dong..

Namun, dalam hati pasti juga akan terjadi gejolak pertanyaan antara lanjut kuliah lagi atau langsung mencari kerja. 2 hal yang sangat dramatis ya, dan tentunya ini bisa membuat dilema tersendiri saat kita setelah lulus sarjana.

Jadi, dari pada nantinya kalian galau, coba tanyakan pada hati kalian, lanjut S2 buat apa? Apakah karir ke depan lebih bagus atau malah kesusahan. Dengan membawa gelar tinggi membuat kalian gengsi dan pilih-pilih pekerjaan yang menurut Anda pas. Hal tersebut akan membuat kalian lulusan S2 sulit untuk mendapatkan pekerjaan.

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa, perusahaan lebih mementingkan orang yang berpengalaman dari pada gelar.

Nah, oleh karena itu coba tanyakan pada diri, "hati" apa tujuan Anda u melanjutkan S2…? Jika hanya gengsi, ingin terlihat keren atau untuk meluluhkan hati calon mertu mendingan ga usah lah. Intinya niat kalian harus pasti. Jangan sampai Anda membuang waktu yang sia-sia!

2. Cek Lokasi Tempat Kuliah

Hal kedua yang perlu Anda perhatikan selanjutnya adalah menetukan lokasi dimana Anda akan melanjutkan S2.

Mengapa demikian?

Sebab, adakalanya seseorang akan mengalami kesulitan jika kondisi lingkungannya tidak aman dan tentu tidak nyaman.

Misalkan, lokasi yang jauh sering terkena bencana alam, misal gempa, banjir dll.

Tapi, zaman sekarang aman ya..

Namun, hal tersebut juga harus diperhatikan ya! Jangan sampai nantinya terjadi apa apa saat Anda hidup di negri orang. Selain itu, dalam poin ke dua ini juga termasuk menentukan jurusan yang tepat. Misalnya, saat S1 kalian mengambil jurusan ilmu hukum lalu S2 Anda mengambil jurusan sastra, kan tidak nyambung yak..

Jadi point ini juga harus dicermati juga. Ada baiknya kalian lanjutkan kembali ilmu atay jurusan dari S1 agar nantinya tidak terlalu mengalami kesulitan dalam belajar di bangku perkukiahan S2.

Point lainya, cek juga akreditas kampus. Hal ini sangat penting yak. Sekarang ini banyak sekali kampus yang menyelenggarakan S2, tetapi akreditasinya belum memasuki kriteria.

Akreditasi sangatlah penting gaes. Karna karena nantinya saat memasuki dunia kerja, syarat akreditasi kampus akan masuk dalam kriteria. Ya, walaupun memang kita ketahui bahwa pastinya orang yang memiliki pengalaman yang akan lebih di prioritaskan. Tapi alangkah baiknya jika Anda memilih kampus dengan akreditasi yang baik, bila perlu pilihlah kampus dengan akreditasi A.

3. Perhatikan Kondisi Keuangan

Melanjutkan kuliah S2 tentunya tidak semurah pengeluaran saat S1 ya. Pasti pembiayaan di bangku perkuliahan S2 akan lebih besar.

Jadi perhatikan juga biaya yang di keluarkan di kampus tujuan Anda. Pilih kampus yang ekonomis, namun kualitasnya terjamin.

Anda bisa membandingkan antara kampus 1 dengan kampus lainnya di Indonesia. Jangan sampai anda terhenti di perjalan sebab perekonomian.

4. Siapkan kemampuan diri dalam tes akademik.

Saat ini, semua kampus sudah mewajibakn mahasiswanya untuk mengikuti tes akademik. Banyak sekali calon mahasiswa yang gugur sebab hal ini.

Jadi, persiapkan diri anda dalam menghadapi tes akademik.

Selain tes akademik, ada pula tes bahasa inggris. Tentu kita ketahui bersama bila mahasiswa bahasa Inggris dan mahasiswa yang kreatif saja yang mampu berbahasa inggris.

Banyak kita jumpai bila kemapuan bahasa Inggris mahasiwa indonesia pada umumnya sangatlah rendah. Nah, sebaiknya jika kalian merasa kemampuan bahasa Inggris anda rendah, cobalah anda bisa mengikuti program les tambahan untuk dapat menguasai bahasa Inggris.

Ingat, bahasa inggris di bangku perkuliahan S2 sangatlah penting!

5. Target Kuliah.

Membuat agenda atau merencanakan waktu kuliah dapat memberikan motivasi kepada Anda yang akan melanjutkan pendidikan lanjut dari S1.

Jika anda bisa melakukan kuliah lebih cepat dari target yang di terapkan kampus maka anda bisa membuat hidup anda lebih berarti.

Jangan sampai anda molor dari waktu yang di targetkan kampus, dan target kalian sendiri. Ingat, orang tua menunggu kepulangan kalian!

6. Doa Restu Orang Tua.

Apapun yang kita lakukan jika orang tua tidak setuju maka akan mengakibatkan apa yang kita lakukan akan mengalamu hambatan. Namun, dengan doa restu orang tua, apapun yang kita kerjakan makan akan mencapai hasil yang maksimal.

Mintalah doa restu kepada orang tua sebelum Anda berankat menuju kampus tempat kalian menimba ilmu.

Demikianlah artikel tentang hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum kalian melanjutkan S2.

Semoga dapat memberikan manfaat, dan selalu memberikan solusi kepada Anda yang sedang dilanda kegalaun antara kerja atau S2.

Jangan lupa untuk selalu berdoa kepada Tuhan, agar apa yang kita lakukan selalu mendapatkan lindunganNya.

Salam sukses..

Artikel Terkait

Terimakasih Sudah Meluangkan Waktu Berkunjung Di Blog Ini 😁


EmoticonEmoticon