Contoh Satuan Layanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah Dasar

Berikut ini adalah salah satu contoh satlan atau satuan layanan bimbingan dan konseling di sekolah dasar. Untuk lebih jelasnya mari kita simak berikut ini:

SATUAN LAYANAN 
BIMBINGAN KONSELING DI SEKOLAH DASAR

Satuan Layanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah Dasar

Baca Juga:
Contoh Satlan Bimbingan dan Konseling


Sekolah                       : SDN 01 Indonesia
Kelas/ semester/tahun : III/I/2017
Standar kopetensi       : siswa mengenal hobby dan cita-citanya
Kompetensi dasar       :
  1. Siswa mampu mengenal hobbinya
  2. siswa mampu mengenal cita-citanya
  3. siswa mampu menulis hobbi dan cita-citanya
  4. siswa mampu menempelkan gambar hobby dan cita citanya di dinding
  5. siswa mampu berdialog atau berdiskusi mengenai hobbi dan cita-citanya
  6. siswa memiliki hobbi dan cita-cita yang baik sesuai dengan norma agama yang dianut
TEMA                                        : Pemahaman Hobbi dan Cita-cita

A.    Bidang Bimbingan              : Bimbingan Karir
B.     Jenis Bimbingan                 : Bimbingan Kelompok
C.     Fungsi layanan                   : Pemahaman Diri dan Pengembangan
D.    Sasaran Layanan                : Siswa Kelas III
E.     Tempat penyelenggara       : diruang kelas
F.      Waktu                                : 2 hari ( 5 x 30 menit )
G.    Uraiana Kegiatan

Persiapan: 
1. Penentuan bahan/ materi ajar sesuai dengan sk/sd
2. menetapkan tema.
3. Menetapkan SK,SD
4. Menyiapkan media pembelajaran
5. Menyiapkan SATLAN

Hari pertama
1.      Kegiatan awal              : 15 menit  
a. Memeriksa kehadiran siswa
b.  Memeriksa peralatan murid, seperti buku Belajar Bahasa Indonesia, Kertas warna kuning dan hijau, gunting, dan lem.
c. Apresiasi mengenai kegemaran anak
2.      Kegiatan Inti                : 90 Menit
a.  Guru mengajak murid untuk membaca pelajaran 5 Bahasa Indonesia , Tentang Kegemaran Anak-Anak(Soeleman ,dkk, 1997:70-71)
b. Guru menempel gambar pohon harapan pada papan tulis.
c.  Guru memberikan kertas yang telah diberi pola buah apel buah.
d. Guru menyuruh murid mengunting pola buah apel pada kertas ,masing-masing memperoleh dua buah apel, satu warna kuning dan satu lagi warna hijau.
e. Guru menyuruh murid untuk menuliskan kegemaran dirinya pada kertas apel warna  hijau dan menuliskan cita-citanya pada apel warna kuning. setelah diisi identitas murid buah apel ditempel apda pohon harapan.
f. Guru bersama murid mendiskusikan siapa-siapa yang memiliki kegemaran yang diperkirakan telah menunjang cita-cita dan siapa yang belum.

Istirahat
  • Guru memperlihatkan gambar yang ditempel di pohon harapan yang berisi pola warna hobbi dan cita-cita
  • Guru menginstruksikan untuk mengikuti guru membaca gambar warna kertas apel warna hijau yang berisi kegemaran dan gambar apel warna kuning yang berisi cita cita
3.      Kegiatan Akhir
1. Guru menginstruksikan untuk mengambil bekas kertas yang tidak terpakai untuk dibuang di kotak sampah
2. Guru mengkondisifkan kelas dan mengajak Siswa mengerjakan LKS  berkenaan  denagan Kegemaran  Anak-anak
3. Setelah selesai, guru mengajak murid untuk bernyanyi lagu yang berjudul ‘kapiten’

HARI KEDUA

1. Kegiatan awal
a. Memeriksa kehadiran siswa
b.  Apresiasi mengenai kegemaran anak , dengan bernyanyi lagu kapiten
2. Kegiatan Inti
a. Guru mengajak murid untuk menuliskan hobbi dan cita cita di alat tulisnya masing-masing
b. Guru memangil satu persatu siswa untuk maju kedepan kelas dan membacakan hobbi dan cita-citanya
c.  Guru memberikan tepuk tangan dan di ikuti seluruh siswa/i
Istirahat
d. Menggambar cita cita atau hobbi dengan diberi warna
e.  Membereskan kertas kertas yang tidak dipakai/terbuang di kelas untuk di buang di kotak sampah
3. Kegiatan Akhir
a. Membuat kesimpulan dengan hobbi dan cita cita yang baik sesuai dengan agama
b.  Menyanyikan lagu

H.    Metode                 : Intruksional
I.       Alat dan Perlengkapan
1.      Buku Pelajaran Bahasa Indonesia ,Jilid IIIC,LKS dan Bolpoin.
2.      Gunting, kertas, lem dan karton yang diberi gambar pohon harapan.
J.       Penilaian         :
1.    Laiseg      : Pemahaman siswa akan materi bacaaan
2.   Laijapen    : Pemahaman siswa akan kegemaran siswa dan cita-citanya
K.  Catatan khusus   :-


       Mengetahui.                                              Metro. ...................
       kepala sekolah SDN                                   guru bimbingan dan konseling




       Warisno,                                                   Irvan Hermawanto,kons.

Demikianlah Contoh Satuan Layanan Bimbingan dan Konseling di SD. Untuk melihat Contoh Satlan atau informasi menarik lainnya dapat kamu lihat di daftar isi.

Artikel Terkait

Terimakasih Sudah Meluangkan Waktu Berkunjung Di Blog Ini 😁


EmoticonEmoticon