Upaya Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Mengentaskan Masalah Kecanggungan Pergaulan

BAB I
A.  Latar Belakang Masalah
Perkembangan remaja yang akan menuju masa dewasa mengalami persoalan yang mudah diamati orang lain. Sebagai remaja yang setiap manusia akan melewatinya memiliki pola perilaku yang berbeda satu sama lain. Perilaku yang ditunjukkan dalam kehidupan sosialnya merupakan aplikasi dari pemenuhan berbagai kebutuhan psikologisnya dan proses sosialisasinya dengan individu lain. Proses sosialisasi yang dialami peserta didik terjadi dalam kehidupan sehari-hari melalui interaksi sosial dengan menggunakan media atau lingkungan sosial tertentu. 




BACA JUGA:
Peran Guru Mata Pelajaran Dalam Bimbingan Dan Konseling
Dalam melakukan penyesuaian sosial, remaja akan banyak belajar tentang norma-norma yang dianut dari lingkungan sosial. Kemampuan remaja dalam melakukan penyesuaian sosial berkaitan erat dengan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Salah satu faktor yang mempengaruhi penyesuaian sosial remaja adalah lingkungan sekolah. Karena disekolah remaja mendapatkan bekal pengetahuan dan latihan untuk menghadapi kehidupan di masyarakat.
Upaya guru Bimbingan dan Konseling di dalam lingkungan sekolah sangat mempengaruhi penyesuaian sosial remaja di SMA Negeri 4 Metro yang akan menempuh kejenjang perguruan tinggi.Guru Bimbingan dan Konseling selalu berusaha mengentaskan masalah penyesuaian sosial yang terjadi pada peserta didik, baik dalam cara beradaptasi antar peserta didik, dan guru disekolah.. Penyesuaian sosial merupakan salah satu perkembangan masa remaja yang tersulit. Maka peserta didik harus menyesuaikan sosial denganlingkungan, teman sebaya dan lawan jenis, menyesuaikan sosial di luar lingkungan keluarga dan masyarakat. Sehingga proses penyesuaian sosial dapat tercapai dengan maksimal.Dengan demikian remaja sebagai mahluk sosial tidak dapat hidup sendiri, melainkan senantiasa hidup bergaul dengan lingkungan sosialnya sebagai sarana untuk berinteraksi dengan orang lain. Melalui interaksi lingkungan sosialnya remaja dapat memenuhi kebutuhan sosialnya untuk pencapaian kesejahteraan hidup.
Remaja sebagai mahluk sosial perlu mempunyai penyesuaian sosial yang efektif disekolah. Karena penyesuaian sosial yang efektif akan berdampak pada prestasi peserta didik disekolah. Begitu juga sebaliknya jika ketidakmampuan peserta didik dalam melakukan penyesuaian sosial dilingkungan sekolah maka akan berakibat pada rendahnya prestasi belajar. Oleh sebab itu guru Bimbingan dan Konseling melakukan pembinaan kepada seluruh peserta didik disekolah agar peserta didik siswinya dapat mengentaskan penyesuaian sosial, dan dapat meningkatkan prestasi belajar dengan harapan yang lebih baik.
Permasalahan penyesuaian sosial yang sering terjadi pada peserta didik di SMA Negeri 4 Metro yaitu karena masalah yang ada pada dirinya, dengan sulitnya peserta didik berkomunikasi dengan temannya maka hal ini akan menghambat seorang peserta didik dalam mengentaskan penyesuaian sosialnya. Guru Bimbingan dan Konseling berupaya untuk mengentaskan peserta didik siswi yang memiliki masalah dalam penyesuaian remaja, baik itu masalah internal maupun masalah exsternal. Upaya guru Bimbingan dan Konseling mengentaskan penyesuaian sosial tersebut dengan memberikan motivasi dan minat belajar peserta didik, agar peserta didik dapat memahami dan mengerti manfaat dari penyesuaian sosial saat berada dilingkungan sekolah maupun dilingkungan masyarakat.

B.   Fokus Penelitian
Fokus penelitian ini adalah pada penelitian kualitatif yaitu akan memuat informasi yang diperoleh dari hasil penelitian yaitu berdasarkan uraian fenomena, upaya guru bimbingan dan konseling mengentaskan masalah penyesuaian sosial remaja di SMA N 4 Metro Maka dengan demikian peneliti memfokuskan penelitian pada:
1.   Upaya guru Bimbingan dan Konseling dalam mengentaskan masalah kecanggungan dalam pergaulan akibat perbedaan dalam perkembangan fisik di SMA Negeri 4 Metro
2.   Usaha Guru Bimbingan dan Konseling  dalam mengentaskan masalah sikap negatif pada guru mata pelajaran dan pelajaran di SMA Negeri 4 Metro
Berdasarkan pada fokus  di atas, maka permasalahan tersebut dirumuskan dalam rumusan masalah sebagai berikut:

1.      Rumusan Masalah
a.    Bagaimanakah cara Guru Bimbingan dan Konseling dalam mengentaskan masalah kecanggungan dalam pergaulan akibat perbedaan dalam perkembangan fisik di SMA Negeri 4 Metro ?
b. Bagaimanakah cara Guru Bimbingan dan Konseling dalam magentaskan sikap negatifpada guru mata pelajaran dan pelajaran di SMA Negeri 4 Metro?

2.    Tujuan Penelitian
Tujuan dari penelitian ini adalah sesuatu yang akan dicapai, yang dapat memberikan arah terhadap kegiatan yang dilakukan. Bertitik pada permasalahan yang ada, maka tujuan dalam penelitian ini adalah:
a.    Untuk mengetahui cara Guru Bimbingan dan Konseling  dalam mengentaskan masalah kecanggungan dalam pergaulan akibat perbedaan dalam perkembangan fisik di SMA Negeri 4 Metro
b.    Untuk mengetahui cara Guru Bimbingan dan Konseling  dalam mengentaskan masalah sikap negatif peserta didik pada guru mata pelajaran dan pelajaran di SMA Negeri 4 Metro

C.  Manfaat Penelitian
Dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat baik secara teoretis maupun secara  praktis:
1.   Manfaat teoritis
Penelitian ini diharapkan dapat menambah pengetahuan dalam bidang Bimbingan dan Konseling, khususnya mengenai upaya guru Bimbingan dan Konseling dalam mengentaskan penyesuaian sosial remaja.
2.   Manfaat Praktis
a.    Sebagai kontribusi pemikiran bagi sekolah, guna meningkatkan kualitas unit lembaga Bimbingan dan Konseling disekolah.
b.    Sebagai kontribusi bagi guru Bimbingan dan Konseling untuk lebih meningkatkan mutu layanan Bimbingan dan Konseling, khususnya dalam mengentaskan penyesuaian sosial remaja di sekolah.
c.    Bagi peserta didik dapat merasakan manfaat yang baik dari  layanan Bimbingan dan Konseling.

D.   Ruang Lingkup Penelitian
Agar tidak terjadi penyimpangan permasalahan dari penelitian yang akan dilaksanakan, maka ruang lingkup penelitian ini adalah sebagai berikut:

1.      Sifat penelitian         :  Deskriptif kualitatif
2.      Subjek penelitian      : Guru Bimbingan dan Konseling
3.      Objek penelitian       : Mengentaskan Masalah Penyesuaian Sosial Remaja
4.    Tempat penelitian   : SMA Negeri 4 Metro (Jl.Raya Stadion 24 Tejosari Rt 18 Rw 06. Kec Metro Timur Kota Metro).
5.      Waktu Penelitian      : Tahun Pelajaran 2015/2016



Artikel Terkait

Terimakasih Sudah Meluangkan Waktu Berkunjung Di Blog Ini 😁


EmoticonEmoticon