Tujuan Pelayanan Bimbingan dan Konseling

Tujuan Bimbingan dan Konseling

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang tujuan dari layanan bimbingan dan konseling. Mari sama-sama kita simak ulasannya berikut ini.

Tujuan Bimbingan dan Konseling
tujuan bimbingan dan konseling
Tujuan Bimbingan dan konseling menurut para ahli.

Tujuan bimbingan dan konseling adalah untuk membantu dan memfasilitasi peserta didik dalam mengembangakan potensi dan memandirikan peserta didik sehingga mampu menyelesaikan permasalahan yang dihadapinya. Menurut Hamrin dan Cliffrod (dalam Prayitno 2013:112) 

“Tujuan Bimbingan dan Konseling adalah untuk membantu individu membuat pilihan-pilihan, penyesuaian-penyesuaian dan interpretasi-interpretasi dalam hubungan dengan situasi-situasi tertentu. 

Menurut Tohirin (2013:33) tujuan Bimbingan dan Konseling adalah “agar tercapai perkembangan yang optimal pada individu yang dibimbing”.

Berdasarkan pendapat tersebut dapat diketahi bahwa tujuan bimbingan dan konseling proses membimbing individu atau peserta didik sehingga dapat berkembang secara optimal. 

Menurut Prayitno dan Erman Amti (2013:114) tujuan umum bimbingan dan konseling adalah : 

Untuk membantu individu memperkembangkan diri secara optimal sesuai dengan tahap perkembangan dan predisposisi yang dimilikinya (seperti kemampuan dasar dan baka-bakatnya), berbagai latar belakang keluarganya, pendidikan, status sosial ekonomi), serta sesuai dengan tuntutan positif lingkungannya. 

Sedangkan tujuan khusus bimbingan dan konseling menurut Prayitno dan Erman Amti (2013:114) merupakan penjabaran tujuan umum yang dikaitkan langsung dengan permasalahan siswa, sesuai dengan kompleksitas permasalahan itu. Sehingga tujuan khusus bimbingan dan konseling untuk individu yang satu dan yang lain berbeda karna masalah-masalah yang dimiliki juga berbeda. 

BACA JUGA: 

Demikianlah pembahasan tentang Tujuan Bimbingan dan KonselingApabila ada yang kurang jelas, jangan sungkan untuk mengajukan koemntar kamu di kolom yang sudah disediakan.

Kamu juga bisa melihat artikel lainnya di Daftar Isi. Semoga dapat memberi manfaat kepada pembaca semua

Artikel Terkait

Terimakasih Sudah Meluangkan Waktu Berkunjung Di Blog Ini 😁


EmoticonEmoticon