Bidang-Bidang Layanan Bimbingan dan Konseling

Bidang-bidang Layanan Bimbingan dan Konseling

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang Bidang-bidang layanan bimbingan dan konseling. Mari sama-sama kita simak ulasannya berikut ini.

Bidang-bidang Layanan Bimbingan dan Konseling


Bidang-bidang bimbingan dan konseling mencakup seluruh tugas perkembangan individu yaitu bidang pengembangan pribadi, pengembangan belajar, pengembangan sosial, pengembangan karier, pengembangan kehidupan keluarga, dan kehidupan pengembangan agama.

Hal serupa juga sesuai dengan pendapat Tohirin (2013:121) bimbingan dan konseling terdapat beberapa bidang bimbingan sebagai berikut:

a. Bidang Pengembangan Pribadi

Bimbingan pribadi bisa dimaknai sebagai suatu bantuan dari pembimbing kepada peserta didik mengatasi masalah-masalah yang bersifat pribadi.

b. Bidang Pengembangan Sosial

Bimbingan sosial bermakna suatu bimbingan atau bantuan kepada peserta didik untuk mengatasi masalah-masalah sosial

c. Bidang Pengembangan Belajar

Bimbingan belajar merupakan suatu bantuan yang diberikan guru pembimbing kepada individu (siswa/peserta didik) dalam hal untuk menemukan cara belajar yang tepat, cara belajar yang efektif, cara untuk menangani masalah-masalah dalam belajar, maupun menangani kesulitan-kesulitan dalam belajar.

d. Bidang Pengembangan Karier

Merupakan bantuan kepada peseta didik dalam meghadapi dan menyelesaikan masalah-masalah yang menyangkut karier tertentu.

e. Bidang Pengembangan Kehidupan Keluarga

Bimbingan kehidupan keluarga merupakan suatu bimbingan yang diberikan oleh guru bimbingan dan kosseling kepada individu lain (siswa) dalam menghadapi dan memecahkan masalah kehidupan berkeluarga.

f. Bidang Pengembangan Kehidupan Beragama

Bidang bimbingan kehidupan beragama adalah bantuan yang diberikan guru bimbingan dan konseling kepada terbimbing (siswa) agar mampu menghadapi dan memecahkan masalah–masalah yang berkenaan dengan kehidupan beragama.


BACA JUGA:

Bidang Bidang Layanan Bimbingan dan Konseling


Demikianlah pembahasan tentang Bidang-bidang dalam pelayanan Bimbingan dan Konseling.
Apabila ada yang kurang jelas, jangan sungkan untuk mengajukan koemntar kamu di kolom yang sudah disediakan.

Artikel Terkait

Terimakasih Sudah Meluangkan Waktu Berkunjung Di Blog Ini 😁


EmoticonEmoticon