Pentingnya Kerjasama Guru Bimbingan Dan Konseling Dengan Guru Mata Pelajaran

Kerjasama Guru Bimbingan Dan Konseling Dengan Guru Mata Pelajaran

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang pentingnya kerjasama personil sekolah dalam pelaksanaan program bimbingan dan konseling yang kita tahu bahwasannya pelayanan bimbingan dan konseling tidak akan berjalan dengan baik bila mana tidak ada kerjasama dari berbagai pihak atau orang-orang yang berkecimpung di dalam dunia sekolah atau pendidikan. 


Untuk lebih jelasnya silahkan simak ulasannya berikut ini:
Kerjasama guru bimbingan dan konseling dengan guru mata pelajaran


Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling di sekolah, memerlukan intervensi dan peran serta dari segenap pelaku pendidikan. Guru bimbingan dan konseling sebagai pengemban misi bimbingan dan konseling tidak akan dapat berbuat banyak tanpa bantuan dan kerjasama dengan personal terkait lainnya yang juga berperan dan bertanggung jawab dalam penyelenggaraan bimbingan dan konseling di sekolah. 

Guru mata pelajaran merupakan pihak yang paling banyak berhubungan dengan siswa, sehingga jalinan kerjasama guru bimbingan dan konseling dengan guru mata pelajaran akan membantu terlaksananya pelayanan bimbingan dan konseling secara menyeluruh dan terpadu. Menurut muhaimin (2011:32) adalah: 

“kerjasama dalam pelaksanaan program bimbingan dan konseling ini penting sekali agar lebih mudah mencapai keberhasilan. Bimbingan konselng yang dilakukan dengan mengesampingkan kerjasama antar berbagai pihak yang terlibat, baik secara langsung maupun tidak, akan sulit mencapai keberhasilan. Bimbingan dan konseling tidak dapat berjalan sendiri tanpa adanya dukungan dari guru-guru lain atau bahkan orang tua di rumah”.

Pendapat di atas menjelaskan bahwa pelaksanaan bimbingan dan konseling di sekolah tidak dapat berdiri sendiri namun memerlukan koordinasi dengan berbagai pihak. Kerjasama yang dikembangkan itu, tujuannya adalah untuk membantu siswa dalam mengatasi masalah dan kesulitan yang dihadapi serta mewujudkan pertumbuhan dan perkembangan guna mencapai kedewasaan siswa.

Baca Juga:

Selengkapnya dowload disini

Demikianlah pembahasan tentang pentingnya kerjasama personil sekolah dengan guru bimbingan dan konseling dalam pelayanan bimbingan dan konseling. Apabila ada yang kurang jelas silahkan berikan komentar kamu di kolom yang sudah ada di bawah ini.

Temukan juga artikel menarik lainnya di Daftar Isi yang bisa memberikan wawasan lebih kepada kamu.

Artikel Terkait

Terimakasih Sudah Meluangkan Waktu Berkunjung Di Blog Ini 😁


EmoticonEmoticon