Contoh Instrumen Praktikum BK Karir (Praktikum)

Sebelum kita membahas tentang contoh instrumen dalam Bimbingan Karir, alangkah baiknya kita mengulas kembali tentang pengertian bimbingan karir terlebih dahulu.

Bimbingan Karir adalah suatu proses bantuan, layanan, pendekatan terhadap individu agar dapat lebih mengenal dan memahami dirinya, mengenal dunia kerja, merencanakan masa depan yang sesuai dengan bentuk kehidupan yang diharapkannya, mampu untuk menentukan dan mengambil keputusan secara tepat dan bertanggung jawab atas keputusan yang diambilnya itu sehingga mampu mewujudkan dirinya secara bermakna.
Dalam prosesnya kita juga memerlukan sebuah kegiatan dimana kita akan memberikan instrumen kepada peserta didik untuk mengetahui apa saja yang menjadi hambatan dalam perencanaan karirnya dimasa depan.

Berikut ini adalah contoh instrumen bimbingan karir di SMK.


PRAKTIKUM BK KARIR
INSTRUMEN

Disusun untuk memenuhi salah satu tugas pada mata kuliah PRAKTIKUM BK KARIR dengan dosen pembimbing Dra.Hj.Nurul atieka,M.Pd

Instrumen Praktikum Bimbingan dan Konseling Karir


Disusun oleh 15
IRVAN HERMAWANTO              12130005
TRI SHANTI HERNARISSA        12130064
EVA LESTARI                             12130051

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH METRO

Permasalahan yang diungkap : Pengembangan Diri
Tujuan                                 : siswa dapat mengenali diri sendiri
Instrumen yang digunakan    : Angket Bakat Dan Minat
ANGKET BAKAT & MINAT

Kuesioner dibawah ini akan dapat menggambarkan secara umum kecenderungan bakatmu. Dengan demikian, tes ini tidak digunakan untuk membandingkan keunggulan antara yang lain, karena setiap orang memiliki keunikan masing-masing. Setelah menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan, diharapkan anda dapat mengenali keunikannya dalam belajar, sehingga dapat memilih cara-cara belajar dan bidang studi yang dapat membangkitkan kemampuan dirinya yang sesungguhnya. Selain itu juga anda dapat mengetahui jurusan dan pekerjaan yang sesuai dengan bakatmu.

Nama               : ........................................................
Kelas               : .......................................................
Sekolah           : .......................................................

Petunjuk Pengisian : Lingkarilah nomor-nomor yang sesuai dengan keadaan anda yang sebenarnya:

  1. Anda suka bermain dengan kata, pelesetan kata-kata. (L)
  2. Anda suka membuat tulisan-tulisan, cerita dan tidak kesulitan mengerjakan tugas laporan. ( L )
  3. Berbagai tulisan suka anda baca;koran, majalah, merk mobil, stiker di angkutan kota, bahkan label produk ( L )
  4. Anda cukup percaya diri dan meyakinkan pada saat berdebat dengan orang lain.(L)
  5. Perumpamaan, kutipan atau pepatah seringkali anda tambahkan dalam percakapanmu. (L)
  6. Salah satu permainan yang anda sukai adalah scrabble dan TTS. (L)
  7. Pelajaran bahasa dan sastra merupakan pelajaran yang anda sukai dan kuasai dengan baik ( L )
  8. Anda dapat memberikan pengarahan atau penjelasan yang jelas dan lugas. (L)
  9. Mudah bagi anda untuk menangkap informasi yang disampaikan melalui radio atau penjelasan guru di kelas ( L )
  10. Perbendaharaan kata anda cukup banyak, bahkan temanmu kadang tidak mengerti. (L)
  11. Menghitung cepat diluar kepala adalah hal mudah untuk anda. (LM)
  12. Anda menyukai kegiatan-kegiatan percobaan di laboratorium untuk melihat reaksi apa yang terjadi. (LM)
  13. Kegiatan anda sehari-hari tersusun dengan rapi dan teratur (LM)
  14. Pelajaran matematika,statistik, atau fisika mudah anda pahami. (LM)
  15. Permainan logika seperti catur, permainan komputer yang memerlukan strategi anda sukai.(LM)
  16. Kalau menghadapi suatu masalah, anda biasanya menyusun langkah-langkah yang akan anda ambil. (LM)
  17. Mudah bagimu untuk melihat kesalahan logika berpikir yang dilakukan orang lain. (LM)
  18. Anda senang menganalisis suatu situasi atau pendapat orang lain. (LM)
  19. Anda senang melihat atau mencari pola hubungan antar objek atau antar bilangan. (LM)
  20. Banyak pertanyaan-pertanyaan "mengapa" yang terlintas saat melihat sesuatu. (LM)
  21. Anda menyukai lukisan dan ukiran atau patung. (VS)
  22. Untuk memudahkan anda mengingat, anda suka membuat diagram-diagram atau menggambari catatan pelajaran. (VS)
  23. Anda dapat menggambarkan dengan jelas bagaimana sesuatu terlihat dari berbagai sisi.(VS)
  24. Puzzle adalah mainan yang anda sukai dan mudah diselesaikannya. (VS)
  25. Pelajaran seni, terutama seni rupa adalah pelajaran yang paling anda tunggu-tunggu. (VS)
  26. Buat anda lebih menyenangkan untuk dapat membaca suatu tulisan yang banyak ilustrasinya.(VS)
  27. Menggunakan handycam atau memotret untuk merekam suatu peristiwa. (VS)
  28. Anda pandai membaca peta (peta jalan menuju suatu lokasi) dan peka terhadap arah atau kedudukan anda di suatu tempat. (VS)
  29. Pelajaran Geometri masih anda sukai daripada pelajaran Aljabar. (VS)
  30. Anda tidak menemukan kesulitan yang berarti dalam merakit sesuatu (VS)
  31. Tidak cukup hanya melihat saja untuk mempelajari hal baru, anda lebih suka kalau bisa mengerjakannya langsung sendiri. (K)
  32. Anda menyukai petualangan yang sangat berkesan untukmu, yang spektakuler, yang membebani fisik. (K)
  33. Kegiatan membuat model 3 dimensi menyenangkan untuk anda. (K)
  34. Saat berolah raga adalah kegiatan yang ditunggu-tunggu olehmu di sekolah. (K)
  35. Anda cukup terampil untuk mengerjakan berbagai keterampilan atau kerajinan tangan. (K)
  36. Buat anda, memecahkan suatu masalah sambil bergerak: berjalan, berlari atau berolah raga merupakan cara yang tepat dan membuat anda lebih nyaman. (K)
  37. Anda merasa nyaman jika tubuh anda aktif bergerak, (K)
  38. Untuk mendukung ekspresi pikiran anda, seringkali gerakan tubuh anda juga ikut berbicara. (K)
  39. Berpakaian harus terasa nyaman di badan, tidak harus terlihat necis, nyaman, itu yang penting untukmu. (K)
  40. Anda pandai meniru gerakan, perilaku dan kebiasaan orang lain. (K)
  41. Sambil mengerjakan sesuatu, anda suka bersenandung atau bersiul. (M)
  42. Anda menikmati lagu sambil mengetuk-ngetukkan jari, menggerakkan kaki atau badan sesuai irama.(M)
  43. Rasanya hampir dimana-mana musik menyertai anda.(M)
  44. Menghafalkan lagu, terutama nadanya sangat mudah buat anda. (M)
  45. Bunyi berbagai jenis alat musik dapat anda bedakan dengan baik. (M)
  46. Ada satu atau beberapa alat musik yang dapat anda mainkan. (M)
  47. Seringkali tiba-tiba anda 'mendengar' jinggle iklan di pikiranmu. (M)
  48. Tak terbayangkan jika harus hidup tanpa musik. Musik adalah segalanya. (M)
  49. Jika musik dimainkan, anda dapat menyanyi dengan nada yang tepat. (M)
  50. Musik buat anda mudah membangkitkan emosi atau kenangan-kenangan tertentu dalam pikiranmu. (M)
  51. Jika ada masalah, anda lebih suka mendiskusikannya dengan orang lain daripada dipikirkan sendiri. (Ier)
  52. Anda senang 'ngumpul-ngumpul' dengan teman kalau ada waktu luang.(ier)
  53. Permainan-permainan yang bisa melibatkan cukup banyak orang seperti main kartu atau monopoli menyenangkan buat anda. (ier)
  54. Seringkali teman-teman anda menjadikan anda sebagai tempat curhat. (ier)
  55. Anda senang mengarahkan orang lain mengerjakan sesuatu, anda senang menjadi pemimpin. (ier)
  56. Anda senang bekerja dalam kelompok atau menjadi panitia dalam kegiatan-kegiatan sekolah. (ier)
  57. Ada beberapa sahabat dekat yang sangat anda percayai. (ier)
  58. Anda cukup sering membantu teman menyelesaikan permasalahannya.(ier)
  59. Dalam berolah raga, anda menyukai olahraga tim seperti basket, soft ball atau sepak bola, daripada olahraga individual seperti renang atau catur. (ier)
  60. Anda tahu banyak informasi tentang lingkungan sekitar anda; siapa yang baru jadian, yang sedang sakit, marahan dan lain-lain.(ier)
  61. Mengikuti seminar-seminar pengembangan diri sangat menarik minat anda. (Ia)
  62. Anda cukup realistis mengenai kelebihan dan kekurangan diri anda dan menerima apa adanya. (Ia)
  63. Jika waktu libur tiba, yang terbayang adalah tempat-tempat yang nyaman untuk menyendiri, merenung, tidak terlalu ramai dan bukan merupakan pusat kota. (Ia)
  64. Anda sering menyisihkan waktu untuk dapat memikirkan tentang diri anda. (Ia)
  65. Anda menetapkan tujuan hidup anda, dan punya gambaran kemana anda akan melangkah. (Ia)
  66. Kegiatan-kegiatan yang dapat dilakukan sendiri lebih anda pilih daripada yang melibatkan banyak orang. (Ia)
  67. Diari atau buku harian adalah penampung semua pikiran dan renungan anda, juga kejadian-kejadian lain yang penting dalam hidupmu. (Ia)
  68. Anda mengerjakan tugas untuk diri anda sendiri. (Ia)
  69. Anda punya prinsip yang anda kembangkan sendiri, tak tergantung pada orang lain. (Ia)
  70. Anda tidak tergantung pada orang lain dan memiliki kemauan yang kuat. (Ia)
  71. Anda menyenangi binatang atau memiliki binatang peliharaan di rumah. (N)
  72. Anda punya minat terhadap bagaimana tubuh bekerja dan menyukai berita-berita baru di bidang kesehatan. (N)
  73. Anda hafal cukup banyak nama-nama beserta bentuk berbagai jenis tumbuhan, bunga atau pepohonan. (N)
  74. Anda bertangan dingin' dalam menanam dan merawat tumbuhan. (N)
  75. Topik-topik mengenai pelestarian alam, konservasi alam sangat menarik minat anda. (N)
  76. Anda terlibat dalam kegiatan pelestarian alam dan lingkungan.(N)
  77. Anda paham tentang teori-teori asal mula terbentuknya jagat raya, perkembangan teori evolusi dan lain-lain.(N)
  78. Kehidupan binatang liar, jejak dan sarangnya menarik minat anda.(N)
  79. Anda berminat pada masalah sosial dan lingkungan.(N)
  80. Seringkali anda dapat membayangkan diri anda bekerja dikelilingi pepohonan, di hutan, atau anda suka memancing.(N)
Skoring :
Hitunglah Skor yang anda miliki, dan bandingkan.
Multiple Inteligence

Setiap orang memiliki kedelapan kecerdasan berikut ini walau ada beberapa yang cukup menonjol. Kita menggunakannya setiap hari dengan kombinasi yang berbeda-beda. Tak ada yang lebih baik daripada yang lain, karena semuanya memiliki perannya masing-masing. Kenali mana yang paling menonjol dalam diri anda, dan kembangkan pula aspek-aspek yang lain untuk meningkatkan kualitas hidup anda!

Bila skor “L” mu dominan, maka anda cerdas secara linguistik. Adalah kemampuan membaca, menulis dan berkomunikasi dengan kata-kata atau bahasa. Anda mungkin cocok dan tertarik dengan kegiatan jurnalistik, penyair, orator, pelawak, editor, sekretaris, ilmuwan sosial, atau politisi. Jurusan SMA yang cocok buatmu adalah jurusan bahasa. Tapi meski anda telah memasuki jurusan yang lain, jangan khawatir, dari jurusan IPA pun anda bisa kok masuk ke Universitas yang cocok dengan bakatmu.

Bila skor “LM” mu dominan, maka anda cerdas secara Logis Matematis. Adalah kemampuan mengolah angka dan atau kemahiran menggunakan logika atau akal sehat. Anda mungkin cocok dan tertarik untuk menjadi ilmuwan, insinyur, programer komputer, akuntan, ekonom,atau bahkan detektif dan ahli hukum. Jurusan SMA yang cocok buatmu adalah jurusan IPA. Tapi meski anda telah memasuki jurusan yang lain anda bisa kok masuk ke Universitas yang cocok dengan bakatmu. Hanya, mungkin harus sedikit meluangkan waktu untuk belajar, mengejar ketinggalan.

Bila skor “VS” mu dominan, maka anda cerdas secara Visual-Spasial. Adalah kemampuan berpikir menggunakan visual atau gambar dan membayangkannya dalam pikiran dalam bentuk dua atau tiga dimensi.Anda mungkin tertarik untuk menjadi arsitek, seniman, pemahat, pelaut, fotografer, montir, atau perancang kota. Anda akan cocok memasuki Fakultas Desain, Seni Rupa, bahkan, bila anda juga pintar secara logis matematis, anda cocok memasuki jurusan mesin.

Bila skor “M” mu dominan, maka anda cerdas secara Musikal. Kemampuan menyanyikan lagu, menggubah musik, mengapresiasi musik, serta menjaga ritme. Anda mungkin tertarik untuk menjadi musisi, komposer, atau penyanyi. Sekolah Tinggi Musik Bandung, atau ke Rusia ,Jerman atau Perancis mungkin bisa menjadi pilihanmu.
Bila skor “K” mu dominan, maka anda cerdas secara Kinestetik. Kemapuan menggunakan tubuh, tangan untuk memecahkan masalah, menciptakan produk atau mengemukakan ide dan emosi.Anda mungkin tertarik untuk menjadi atlit, penari, pemain drama, tukang kayu, pemahat atau pilot dan montir.

Bila skor “Ier” mu dominan, maka anda cerdas secara Interpersonal. Kemampuan memahami dan bekerja dengan orang lain, memperlihatkan empati dan perhatian, motivasi dan tujuan orang lain. Anda mungkin tertarik untuk menjadi konselor, pengusaha, fasilitator, guru, pemuka agama. Untuk itu anda bisa memilih jurusan di Fakultas Komunikasi (FIKOM), Fakultas Psikologi, Keguruan, atau ke Institut Agama yang anda anut (atau anda minati).

Bila skor “Ia” mu dominan, maka anda cerdas secara Intrapersonal. Kemampuan memahami diri sendiri, mengenali kelebihan dan kekurangan diri, menganalisis diri, membuat rencana dan menyusun tujuan yang hendak dicapai. Anda mungkin tertarik untuk menjadi filosof, penyuluh, pembimbing spiritual, penulis, atau wirausaha.Untuk itu anda bisa memilih Fakultas Sastra, Ekonomi, dst.

Bila skor “N” mu dominan, maka anda cerdas secara Naturalis. Kemampuan mengenali bentuk-bentuk alam di sekitar kita; flora, fauna dan fenomena-fenomena alam lainnya. Anda mungkin tertarik untuk menjadi ahli botanis (tumbuhan), konservasi, pecinta lingkungan, pakar ekologi, atau dokter hewan.Untuk itu, anda dapat memilih jurusan Biologi, TL, Kedokteran, Peternakan, Pertanian dst.


Demikianlah pembahasan contoh intrumen BK karir, bila ada yang kurang jelas atau ada yang ingin di tanyakan silahkan berikan komentar kamu dibawah ini.

Artikel Terkait

Terimakasih Sudah Meluangkan Waktu Berkunjung Di Blog Ini 😁


EmoticonEmoticon